Timnas Indonesia Kalah dari Jepang, Tetap Dapat Pujian

BolaMilenia.com – Timnas Indonesia kalah dari Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 dengan skor 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1). Meski kalah, tim asuhan Shin Tae-yong (STY) tetap mendapat apresiasi atas perjuangan yang ditunjukkan pada laga tersebut.

Laga baru berjalan lima menit, Jordi Amat melakukan pelanggaran terhadap Ayase Ueda. Momen itu tidak membuat wasit Khamis Mohammed Al-Marri asal Qatar langsung memberikan hadiah penalti untuk Jepang setelah meninjau VAR. Ayase Ueda yang menjadi algojo penalti sukss membuka skor.

Sepanjang 15 menit pertama, Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Sementara itu, Jepang terus mengurung pertahanan Garuda. Peluang pertama Indonesia didapatkan melalui aksi Marselino Ferdinan. Melakukan pergerakan dari sisi kanan pertahanan Jepang, Marselino kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, tapi diblok oleh Yuta Nakayama hingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki menit ke-34 Jepang memberikan ancaman lewat Keito Nakamura. Namun, upayanya masih mengenai tiang kanan gawang Indonesia. Meski mendominasi penguasaan bola dan penciptaan peluang, Jepang kesulitan menambah gol hingga babak pertama berakhir Indonesia hanya ketinggalan 0-1.

Timnas Indonesia Kalah dari Jepang Tapi Masih Bisa Lolos

Witan Sulaeman Marselino Ferdinan Timnas Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023 - PSSI
PSSI

Pada babak kedua, Jepang mendapatkan gol cepat pada menit ke-51. Gol kembali dilesakkan oleh Ayase Ueda. Pemain bernomor punggung 9 itu tinggal mencocor bola hasil umpan silang Ritsu Doan hingga menjadikan gol kedua tim berjuluk Samurai Biru tersebut.

Selepas gol itu timnas Indonesia mendapatkan peluang kedua. Namun, tendangan Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti masih jauh di atas gawang Jepang yang dikawal Zion Suzuki.

Saat Indonesia berusaha untuk memperkecil skor, Jepang justru mendapatkan gol ketiga setelah Justin Hubner salah mengantisipasi bola sehingga menciptakan gol bunuh diri.

Upaya Indonesia untuk mendapatkan gol berbuah hasil pada menit ke-90+1. Gol Indonesia dilesakkan oleh Sandy Walsh yang berawal dari kemelut hasil lemparan ke dalam Pratama Arhan. Skor 3-1 untuk Jepang tidak berubah sampai akhir laga.

Kekalahan itu tetap mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali. “Kita sudah lihat bagaimana perjuangan timnas, anak-anak kita saya kira melawan negara dengan peringkat jauh di atas kita, tapi bisa meladeni permainan Jepang,” kata Amali seusai nonton bareng bersama media di GBK Arena, Jakarta, Rabu (24/1).

“Secara keseluruhan saya melihat bahwa timnas kita semakin baik performanya, apalagi kemarin sudah sampai mengalahkan Vietnam,” tambah mantan menteri pemuda dan olahraga tersebut.

Jepang berhak ke babak 16 besar sebagai peringkat kedua Grup D. Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga dengan 3 poin. Kans ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya adalah Bahrain kalah minimal 0-3 dari Yordania, dan Oman juga tidak boleh menang atas Kirgistan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *