Timnas Indonesia Daftarkan 50 Pemain untuk Piala Asia 2023

BolaMilenia.com – Sebanyak 50 pemain sudah didaftarkan PSSI dalam tahap awal untuk menyeleksi skuad timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Asia 2023. Di antara 50 pemain yang didaftarka itu, ada gelandang andalan timnas, Marselino Ferdinan.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji. Dia membenarkan bahwa PSSI telah mendaftarkan 50 nama pemain timnas Indonesia untuk proyeksi Piala Asia 2023.

“Ya, PSSI sudah mendaftarkan 50 pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023,” kata Sumardji.

Namun, Sumardji tidak mengungkapkan siapa saja pemain yang masuk dalam daftar tersebut. Nantinya, 23 pemain dari skuad final yang akan tampil di Piala Asia 2023 akan diambil dari 50 nama terdaftar itu.

Timnas Indonesia Akan TC di Turki untuk Seleksi Akhir

Sumardji juga memastikan dari 50 pemain timnas Indonesia tersebut salah satunya ada nama Marselino Ferdinan. Namun, ketika ditanya soal Justin Hubner hingga Ivar Jenner, dia lebih memilih bungkam.

“Marselino saya daftarkan,” jelas Sumardji.

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman dan Pratama Arhan - PSSI
PSSI

Di sisi lain, kepastian Justin Hubner justru dibocorkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. “Iya, masuk nama Justin (Hubner),” kata Yunus.

Akan tetapi, belum diketahui apakah dua pemain diaspora lain yang belum merampungkan proses pewarganegaraan seperti Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, disertakan ke daftar 50 itu atau tidak.

Sebelum mengerucut menjadi 23 pemain untuk skuad akhir, ke-50 pemain terdaftar akan dipangkas jadi 30 untuk mengikuti pemusatan latihan (training center) di Turki pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Selama di Turki, Indonesia juga bakal beruji coba dua kali dengan Libya. Masing-masing pada 2 dan 5 Januari 2024 di Antalya. Selanjutnya, akan melakukan satu uji tanding lagi menghadapi Iran pada 9 Januari 2024 di Qatar.

Setelahnya, akan ada 7 pemain yang dicoret hingga terbentuk skuad final berjumlah 23 pemain yang didaftarkan untuk tampil di Piala Asia 2023. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, dalam turnamen yang digelar di Qatar, 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *