Selamat! Sanksi Kartu Merah Vinicius Junior Dicabut

BolaMilenia.com – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mencabut dan menganulir kartu merah yang didapat Vinicius Junior saat berhadapan dengan Valencia. Dengan begini bintang Real Madrid itu tidak akan mendapat skorsing.

Pada laga Real Madrid kontra Valencia di lanjutan Liga Spanyol, pada Minggu (21/5/2023), Vinicius Junior menerima kartu merah dari wasit. Wasit Ricardo De Burgos terpaksa mengeluarkan kartu merah karena secara kasat mata terlihat Vinicius terlibat pertikaian dan memukul wajah pemain Valencia, Hugo Dora.

Keputusan ini dianggap wajar oleh sebagian pihak karena melihat kejadian tersebut. Namun, tidak sedikit pula yang menganggap keputusan tersebut tidak mempertimbangkan faktor lain yang menyebabkan Vinicius berbuat seperti itu.

Vinicius mendapat pelecehan rasial dari pendukung Valencia yang duduk di belakang gawang. Winger asal Brasil itu pun marah besar dengan pelecehan tersebut. menurutnya ini sudah sangat sering terjadi di Spanyol.

Setelah kejadian tersebut, LaLiga mendapat banyak kritik atas penanganan mereka terhadap insiden tersebut. Kondisi ini membuat RFEF turun tangan. Setelah melakukan investigasi, RFEF memutuskan untuk mencabut dan menganulir kartu merah Vinicius.

“Ada kondisi luar biasa, serius, dan sama sekali tidak biasa yang menentukan. Menurt kami, keputusan yang diambil jelas kesewenang-wenangan,” kata RFEF seperti dikutip dari Marca.

“Atas dasar bukti faktual yang sebagian diubah telah menentukan bahwa hal tersebut menimbulkan ketidakansahan nyata untuk memberikan sanksi padanya,” lanjut RFEF dalam keterangannya.

Vinicius Junior Terlepas dari Skorsing

Keputusan dari RFEF tersebut membuat hukuman kartu merah Vinicius Junior tidak berlaku. Ia tetap bisa memperkuat Real Madrid pada pertandingan selanjutnya. Sementara itu, Valencia akan menutup tribun selatan di Stadion Mestalla selama lima pertandingan.

Tidak hanya itu Valencia juga memberikan sanksi tegas kepada suporter yang terbukti melakukan pelecehan rasial terhadap Vinicius. Suporter tersebut dikenai hukuman larangan datang ke stadion seumur hidup. Selain itu mereka juga harus membayar denda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *