Madam Pang Resmi Terpilih Sebagai Presiden PSSI-nya Thailand

BolaMilenia.com – Mantan manajer timnas Thailand, Nualphan Lamsam, resmi terpilih sebagai presiden PSSI-nya Thailand atau FAT. Wanita yang akrab disapa Madam Pang tersebut menjadi ketum ke-18 FAT berkat raihan 68 suara dari total 73 pemilih.

Dengan terpilihnya Pang, sejarah pun tercipta di sepak bola Thailand. Pasalnya, pengusaha berusia 57 tahun itu menjadi wanita pertama yang menjabat di posisi orang nomor satu di FAT selama 18 periode terakhir.

Tekad kuat Madam Pang menjadi presien FAT memang sudah tercium sejak lama. Apalagi, politisi dari Partai Demokrat itu pun sudah lama malang-melintang di persepakbolaan Thailand. Termasuk menjabat manajer timnas Thailand sejak 23 Agustus 2021 atau elama 890 hari.

Selama menjabat sebagai manajer Changsuek, dia turut berjasa mempersembahkan dua gelar juara Piala AFF pada 2020 dan 2022, serta keberhasilan melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Tak heran Pang begitu disegani dan dikagumi oleh publik sepak bola di Negeri Gajah Putih tersebut.

Madam Pang Akhiri 890 Hari Sebagai Manajer Timnas Thailand

Madam Pang, Thailand Juara Piala AFF 2022 - Matichon
Matichon

Bukan hanya menjabat sebagai manajer Timnas Thailand pada level senior. Dia juga bertugas untuk timnas U-23. Setelah 890 hari, Pang memilih mundur dari posisi tersebut demi maju menjadi presiden FAT.

“890 hari adalah pengalaman berharga yang disertai dengan tanggung jawab besar dalam mengurus sesuatu yang menjadi milik seluruh rakyat Thailand,” kata Madam Pang, saat pengunduran dirinya sebagai manajer Changsuek.

Sekadar informasi, selain menjabat sebagai manajer timnas Thailand, Pang juga menjadi pemilik salah satu klub Thai League, Port FC. Klub tersebut merupakan pelabuhan baru kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, setelah dari Korea Selatan.

Kini, Madam Pang akan mulai mengabdikan diri untuk membawa sepak bola Thailand ke arah lebih baik sebagai presiden FAT. Saya akan mengabdikan pengetahuannya, Semua kemampuan yang tersedia untuk sepak bola Thailand,” kata Madam Pang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *