Kim Pan-gon Bangga dengan Shin Tae-yong di Indonesia

BolaMilenia.com – Pelatih timnas Malaysia, Kim Pan-gon, mengaku bangga dengan capaian para pendahulunya di Asia Tenggara, yakni Shin Tae-yong dan Park Hang-seo. Dia bilang kalau keduanya seakan menjadi pembuka jalan bagi pelatih asal Korea Selatan.

Bersama Kim, timnas Malaysia memang perlahan tapi pasti menunjukkan kualitasnya. Meski belum meraih gelar juara, mulai dari tim muda hingga timnas, di level tertinggi mereka menorehkan kemajuan yang pesat. Malaysia bahkan tampil lebih baik dibandingkan tiga pesaing di kawasan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Dalam 13 pertandingan terakhir tahun 2023, Malaysia bersama Kim Pan-gon menjadi tim dengan kemenangan terbanyak (9), mengungguli negara lainnya di Asia Tenggara. Pada kualifikasi Piala Asia 2023, Malaysia meraih hasil bagus hingga lolos ke putaran final untuk pertama kalinya dalam 16 tahun.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2026, jika Thailand, Vietnam atau Indonesia gagal, Malaysia malah memenangkan 2 pertandingan awal dan memimpin grup. Kim Pan-gon sendiri menyebut kalau dirinya mungkin tak di Malaysia bila bukan tanpa Shin dan Park Hang-seo.

Kim Pan-gon Bangga dengan Shin Tae-yong di Indonesia
PSSI

“Saya bangga dengan apa yang dilakukan Park Hang-seo dengan Vietnam dan Shin Tae-yong dengan Indonesia. Meskipun saya bekerja di Malaysia, saya bangga mewakili Korea. Anda harus merasa sedang menjalankan misi untuk membuka jalan bagi pelatih lain untuk mengikutinya,” ungkap Kim Pan-gon dikutip dari FIFA Plus.

Kim Pan-gon Ingin Ikuti Jejak Shin dan Park

Kim Pan-gon sendiri jelas ingin mengikuti jejak Park Hang-seo yang sukses bersama Vietnam, pun dengan Shin Tae-yong yang bangkitkan sepak bola Indonesia.

“Setelah kesuksesan Pak Park dan Shin, pelatih Korea mendapat apresiasi tinggi di Asia Tenggara. Saya berharap melihat rekan-rekan saya memiliki kesempatan untuk bekerja di negara-negara dengan tingkat sepak bola dan daya saing yang lebih tinggi,” tutup dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *