Kapan VAR Diterapkan di Liga 1?

BolaMilenia.com – Banyak yang bertanya-tanya terkait Video Assistant Referee (VAR) yang diterapkan di Liga 1 2023-24. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator membocorkan kalau mungkin VAR akan diterapkan pada Championship Series.

Seperti diketahui, penerapan VAR di Liga 1 memang sudah menjadi rencana PSSI sejak awal kompetisi. Namun memang, harus ada beberapa tahapan yang dilewati oleh PSSI dan PT LIB. Mulai dari menyiapkan alatnya, sampai memberikan pendidikan khusus kepada wasit.

Nah, Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, menyebutkan kalau penerapan VAR di Liga 1 sudah mulai disimulasikan. Namun memang, sampai saat ini implementasinya masih terus dirancang karena harus ideal.

“Ternyata wasit VAR butuh pendalaman yang lebih. Evaluasi instruktur FIFA memberikan beberapa masukan dan kemarin tanggal 26 Januari sudah praktek di lapangan. Kondisi ini yang membuat apakah bisa dilakukan di bulan Februari, tentu kita berdiskusi dan komunikasi dengan komite wasit PSSI,” kata Asep Saputra.

Kapan VAR Diterapkan di Liga 1?

“Pekan lalu pak Ketua Umum dan ketua komite wasit serta Mr. Ogawa setelah memikirkan A-Z beserta konsiderasi dan segala macamnya kita mendapat rekomendasi bahwa penerapan VAR di Liga 1 akan diterapkan mulai championship series karena untuk memastikan semuanya siap dan tadi bicara kualitas dan kuantitas” tambah dia.

Penerapan VAR di Liga 1 Harus Siap Segalanya

Menurut Asep, penerapan VAR harus benar-benar siap segalanya. “Semua butuh kesiapan dan beberapa hal yang dipertimbangkan. Tetapi sampai berjalan di kompetisi youth juga kami berupaya menerapkan lebih awal untuk percobaan. Ini yang sudah disampaikan ke teman-teman klub,” jelas dia.

“Semua sebenarnya sudah siap dan tinggal tunggu persetujuan tapi kami harus siap secara kualitas dan kuantitas dan memastikan untuk siap. Musim depan sudah bisa penuh dengan persiapannya,” tuntas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *